Manfaat Tempe untuk Kesehatan

Manfaat Tempe

Tempe merupakan salah satu panganan favorit di Indonesia, tak terhitung variasi makanan yang terbuat dari tempe ini. Namun, tahukah Anda manfaat tempe bagi kesehatan? ya… tempe merupakan salah satu sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan pencernaan, kesehatan mental dan sistem kekebalan tubuh Anda.

Tempe merupakan produk olahan fermentasi dari kacang kedelai, selain rasanya yang lezat tempe merupakan sumber protein. Bahkan, kandungan protein dalam tempe lebih tinggi daripada yang terdapat pada daging sapi. Selain protein kandungan nutrisi dalam tempe lainnya adalah:

  • Kalsium
  • Fosfor
  • Lemak Tak Jenuh
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Riboflavin
  • Niacin
  • Asam Pantotenat
  • Piroksidin
  • Biotin
  • Zat Besi
  • Thiamin
  • Vitamin B12
  • Vitamin K
  • Retinol

Dengan kandungan nutrisi diatas, sudah pasti tempe memiliki manfaat bagi kesehatan Anda. Berikut ini ulasan mengenai Manfaat Tempe untuk Kesehatan yang sayang bila di lewatkan.

Manfaat Tempe untuk Kesehatan

1. Menjaga Kekuatan Tulang

Tempe kaya akan kandungan kalsium dan vitamin K, kedua nutrisi diatas dibutuhkan untuk menjaga kepadatan tulang. Kekurangan kalsium dan vitamin K dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti patah tulang, infeksi dan lainnya. Oleh karena itu, kedua nutrisi ini dapat dikatakan krusial untuk kesehatan tulang Anda.

Proses fermentasi tempe meningkatkan kandungan nutrisi seperti vitamin K dan mineral lainnya yang dibutuhkan untuk menjaga kepadatan tulang.

Selain mencegah osteoporosis, tempe juga baik bagi mereka yang mengalami masalah kepadatan tulang. Kalsium dalam tempe dapat meningkatkan kepadatan tulang.

2. Baik Bagi Penderita Diabetes

Dengan kandungan protein, mangan dan vitamin B3 menjadi tempe makanan yang baik bagi penderita diabetes, tempe dapat membantu mengontrol gula darah dan mencegah lonjakan gula darah setelah makan.

Vitamin B3 dalam tempe berperan dalam menyeimbangkan kadar gula darah dan meningkatkan efisiensi pengobatan diabetes yang dijalani penderita penyakit ini.

Kandungan lainnya yang baik untuk penderita diabetes adalah serat, protein dan nutrisi lainnya yang dapat mengontrol kadar kolesterol dalam darah yang dapat menyebabkan naiknya tekanan darah. Hal ini berarti dapat menurunkan risiko serangan jantung pada penderita diabetes.

3. Mencegah Penyakit Ginjal Kronis

Tempe memiliki kandungan yang dapat meringankan penyakit ginjal kronis. Penyakit ginjal kronis merupakan penyakit yang disebabkan oleh kelainan fungsi ginjal, faktor yang mempengaruhi penyakit ini umumnya usia lanjut, faktor genetik dan gaya hidup tidak sehat. Jika tidak segera ditangani penyakit ginjal kronis dapat menyebabkan komplikasi gagal ginjal.

Kacang kedelai dan produk turunannya seperti susu kedelai, tahu dan tempe sangat baik untuk pasien dialisis ginjal. makanan-makanan dari kacang kedelai memiliki efek positif pada mereka yang melakukan transplantasi ginjal. Kandungan lemak sehat dalam tempe dapat meningkatkan kemampuan sel-sel tubuh dalam merespon protein dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Dalam sebuah penelitian lainnya menyebutkan tempe kaya akan kandungan Phytate yang berperan dalam mencegah timbulnya batu ginjal. Oleh karena itu, masukan tempe dalam menu harian Anda.

4. Sumber Protein

Tubuh kita membutuhkan protein untuk menjaga metabolisme, meningkatkan kekuatan otot dan mengontrol kadar gula darah. Protein dibutuhkan oleh setiap sel dalam tubuh kita dan sangat penting untuk pembentukan otot, membantu menyeimbangkan sistem neurologis dan sistem pencernaan.

Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa diet tinggi protein dapat menurunkan berat badan tanpa efek samping yang serius untuk tubuh Anda. Protein dalam tempe yang mengandung enzim Phenylalanine berperan dalam mengatur nafsu makan. Konsumsi makanan tinggi protein dapat membuat Anda kenyang lebih cepat sehingga menurunkan porsi makanan Anda.

5. Melancarkan Sirkulasi Darah

Vitamin B yang terdapat pada tempe yang disebut sebagai Riboflavin, merupakan antioksidan alami yang dapat menjaga kesehatan sel darah, meningkatkan energi dan mencegah radikal bebas yang dapat merusak kulit dan mata Anda.

Mereka yang rutin mengonsumsi tempe umumya memiliki fisik dan mental yang lebih baik daripada yang tidak. Manfaat tempe bagi kesehatan adalah melancarkan sirkulasi darah, hal ini sangat penting karena sirkulasi darah yang lancar berarti lancar pula distribusi nutrisi ke seluruh tubuh.

Kekurangan vitamin B dapat berdampak serius pada kesehatan karena dapat mempengaruhi penyerapan nutrisi pada darah, hal ini dapat meningkatkan oxidatif stress, oxidasi asam lemak dan kerusakan sel-sel tubuh Anda. Oleh karena itu, penting untuk menjaga asupan tempe Anda setiap hari.

Efek Samping Tempe

Selain manfaat kesehatan, terdapat efek samping dari tempe terutama pada mereka yang menderita asam urat. Kandungan zat purin yang terdapat pada tempe dapat menyebabkan peningkatkan produksi asam urat pada tubuh Anda, sehingga pada penderita asam urat tempe tidak boleh dikonsumsi setiap hari.

Selain itu, tempe juga merupakan pantangan program hamil, sehingga bagi Anda yang sedang berusaha memiliki anak sebaiknya hindari produk kedelai seperti susu kedelai, tempe dan tahu. Hal ini dikarenakan tempe dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang dapat menyebabkan kemandulan pada wanita.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Tempe untuk Kesehatan beserta Efek Sampingnya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan dengan bahan-bahan alami.