Kelinci Flemish Giant

Kelinci Terbesar di Dunia

Kelinci terbesar di dunia yang memegang rekor mencapai ukuran berat badan hingga 22,2 kg dengan tinggi badan 1,3 meter. Kelinci tersebut merupakan salah satu kelinci terbesar saat ini. Nama pemiliknya yaitu Darius Amette Edwards.

Kelinci merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat imut dan menggemaskan. Namun bagaimana jika kelinci tersebut ukurannya sangat besar, apakah Anda masih mau memeliharanya? Kelinci dengan ukuran besar biasanya sengaja diternakkan untuk di konsumsi. Beberapa contoh kelinci yang dipelihara hingga besar antara lain kelinci Australia, kelinci Flemich Giant, kelinci Continental Giant dan lain- lain.

Jenis Kelinci Besar

Berikut ini beberapa jenis kelinci yang tergolong ukuranya sangat besar yaitu:

1. Kelinci Continental Giant

Kelinci Continental Giant merupakan salah satu jenis kelinci yang dinobatkan sebagai kelinci terbesar di dunia seperti yang sudah disinggung di atas, nama kelinci tersebut yaitu kelinci darius. Kelinci Continental Giant ini merupakan ras kelinci dari Jerman. Ukuran kelinci ini bisa mencapai seukuran anjing. Namun untuk kelinci darius tersebut, ukurannya hampir sama dengan ukuran manusia.

2. Kelinci Checkered Giant Rabbit

Apabila Anda menyukai anjing dalmation, maka Anda harus tahu tentang kelinci ini. Kelinci Checkered Giant Rabbit memiliki corak yang hampir sama dengan anjing dalmation. Kelinci ini dikembangbiakan di Eropa dan juga termasuk jenis Papilion Inggris. Untuk ukran berat badan jenis kelinci ini bisa mencapai 5 kg, sedangkan untuk dewasa mencapai 5,4 kg.

3. Kelinci Anggora Giant

Mungkin Anda semua tidak asing jika mendengar nama kucing anggora, tetapi yang akan kita bahas kali ini yaitu bukan kucing anggora melainkan kelinci anggora. Kelinci anggora giant ini merupakan hasil persilangan antara kelinci Flemish giant dengan kelinci anggora. Berat kelinci anggora giant ini bisa mecapai 20 kg untuk kelinci usia dewasa dengan hasil persilangannya dengan kelinci anggora.

Kelinci anggora giant memiliki bulu yang lebat dan halus. Sehingga terlihat seperti kelinci yang sangat besar. Kelinci anggora juga merupakan salah satu jenis kelinci terbesar yang saat ini menjadi populer sebagai hewan peliharaan.

4. Kelinci Flemish Giant

Kelinci Flemish Giant merupakan salah satu ras kelinci dari Argentina. Ukuran berat badan kelinci ini mencapai 5 kg sampai 6 kg.  Kelinci Flemish Giant ini diternakkan di Indonesia untuk digunakan sebagi kelinci pedaging, tetapi ada sebagian orang yang sengaja memelihara kelinci tersebut sebagai kelinci hias. Masa kelinci ini untuk kawin butuh waktu 6 sampai 7 bulan.

Saat ini harga kelinci Flemish Giant berkisar antara Rp.700.000 sampai Rp.900.000 untuk indukan sepasang jenis kelinci ini. Kelinci ini juga memiliki masa reproduksi yang tinggi dan sekali melahirkan bisa mencapai 12 anak. Dalam 1 tahun, kelinci ini dapat melahirkan bisa sampai 4 kali. Hal tersebut sangat memberikan keuntungan terhadap peternak kelinci Flemish Giant.