Pakaian adat suku Batak

Nama Pakaian Adat Suku Batak dan Gambarnya

Pakaian adat di wilayah Indonesia mempunyai banyak sekali perbedaan. Keragaman budaya yang dimiliki oleh banyaknya suku di Indonesia mempunyai corak dan warna masing-masing yang sangat khas.

Suku Batak adalah salah satu suku yang beragam, dan ternyata perlu Anda ketahui suku di Batak ini memiliki banyak sekali keragaman pakaian adat Batak. Tidak hanya dari segi bentuk, namun warna pakaian dan juga  hiasan yang ada di pakaian tersebut.

Pakaian adat suku Batak
Pakaian adat suku Batak

Di bawah ini terdapat beberapa jenis pakaian adat dari berbagai Suku Batak yang memiliki ciri khas masing-masing.

  • Pakaian adat Suku Batak pertama berasal dari Batak Toba

merupakan salah satu pakaian yang makin dikenal dan membuat penasaran setelah dipakai oleh Presiden Joko Widodo. Pakaian ini memiliki warna dominan putih bersih dengan corak yang unik. Terdapat beberapa warna tambahan yaitu warna merah dan hijau serta campuran hitam dalam pakaian adat ini.

Berbeda dengan beberapa pakaian adat yang memberikan hiasan kepala yang berukuran besar di kepala wanita, pakaian ini jutsru memberikan ikat kepala yang manis, dan hiasan kepala justru dikenakan pada kepala laki-laki. Hiasan kepala yang digunakan oleh laki-laki ini tentu memiliki bentuk yang berbeda dengan hiasan wanita.

  • Pakaian adat Suku Batak dari Suku Melayu yang berada di Sumatera utara

ini sering digunakan oleh masyarakat suku tersebut yang berada di sekitar daerah Kota Tebing Tinggi, Medan, Binjai dan beberapa daerah lainnya. Hiasan kepala digunakan untuk laki-laki maupun perempuan dengan bentuk yang berbeda, dan uniknya terdapat beberapa jenis hiasan kepala yang dapat dipakai oleh wanita.

Pakaian ini sebenarnya hampir serupa dengan pakaian adat dari Suku Melayu yang ada di Riau. Ciri kahas yang sangat unik di dalamnya adalah menggunakan kain songket, kain yang sangat khas dan juga penggunaan baju kurung yang membuat tampilan dari pakaian adat ini terlihat sangat sopan dan anggun. Sarung songket biasanya tidak digunakan secara menyeluruh untuk tubuh, tetapi hanya dililitkan saja di pinggang.

  • Suku Batak Karo memiliki dua jenis pakaian adat

Keduanya sama-sama memiliki hiasan kepala baik untuk laki-laki dan perempuan. Hiasan pada pakaian adat ini juga menggunakan emas sebagai hiasan utama. Corak dan warna dari kedua pakaian adat ini memiliki perbedaan, yaitu warna merah dan hitam untuk kain yang digunakan. Kain ini juga memiliki benang dengan warna emas yang memperlihatkan kemewahan ketika menggunakan pakaian ini.

Setelah itu, Pakaian adat Suku Batak yang selanjutnya adalah suku Samosir yang memiliki perbedaan cukup signifikan dari suku yang lainnya. Warna dominan yang diberikan adalah warna yang cukup gelap yaitu warna merah, cokelat, dan hitam. Terdapat kesamaan ikat kepala yang digunakan oleh wanita yaitu ikat kepala yang minimalis, sedangkan untuk laki-laki masih menggunakan hiasan kepala dengan bentuk kerucut.

Nama Pakaian Adat Suku Batak
Nama Pakaian Adat Suku Batak

Di atas adalah beberapa suku yang memiliki pakaian adat yang berbeda dari Suku Batak. Tentunya masih terdapat beberapa jenis pakaian adat lain dari berbagai suku Batak, yang dapat menjadi pengetahuan bagi Anda. Selain itu pakaian adat memiliki jenis yang sangat banyak di beberapa acara seperti pernikahan, menjelang pernikahan, dan acara-acara sakral lainnya. Pakaian adat Suku Batak ini sampai sekarang masih terus digunakan guna melestarikan budaya dan mempertahankan keragamannya di Indonesia.Suku Batak adalah salah satu di antara banyak suku yang ada di Indonesia.Masing-masing suku tentunya memiliki keunikan dalam pakaian adat yang digunakan di daerahnya.

Referensi artikel dari aadatindonesia.com