Peralatan Sablon Manual

Peralatan Sablon Manual

Anda ingin memulai usaha yang mudah, cobalah membuka usaha sablon. Ada beberapa cara untuk membuat kaos sablon, seperti teknik printing, teknik transfer paper, maupun teknik manual.

Peralatan Sablon Manual
Peralatan Sablon Manual

Teknik yang dapat memberikan hasil sablon terbaik adalah teknik manual, namun membutuhkan waktu lebih lama dari teknik lainnya. Artikel ini akan membahas peralatan sablon manual untuk costum kaos.

Alat dan bahan sablon manual

  1. Screen sablon

Screen merupakan alat yang wajib anda miliki untuk membuat kaos sablon. screen merupakan media yang digunakan sebagai perantara antara tinta sablon dan objek sablon. Screen biasanya berbentuk persegi yang di tengahnya terdapat kain khusus. Screen terdiri dari beberapa ukuran, seperti 30 x 40 cm, 20 x 30 cm, atau jumbo (spanduk). Harga screen di pasaran sekitar 30 – 50 ribu.

  1. Obat afdruk

Obat afdruk atau obat emulsi adalah cairan yang digunakan untuk membuat film. Obat ini nantinya akan dioleskan pada screen, sebelum itu harus dicampur dengan sensitizer. Bagi anda yang belum tahu, sensitizer adalah campuran untuk obat afdruk yang berfungsi memindahkan gambar ke screen sablon. obat afdruk yang paling sering digunakan untuk sablon kaos adalah Ulano TZ dan Bremol.

  1. Tinta sablon

Tinta sablon adalah salah satu bahan terpenting untuk menyablon kaos dengan teknik manual. Tinta sablon terdiri dari 2 jenis, yaitu waterbase inks yang berbahan dasar air. Lalu, solvenbase yang merupakan tinta berbahan dasar minyak atau sering disebut dengan plastisol. Anda dapat memilih salah satu dari kedua jenis tinta ini, lalu kuasailah salah satu teknik tersebut.

  1. Rakel

Rakel adalah alat sablon yang biasa digunakan untuk mendorong tinta dan menekannya agar sablon dapat tertempel di objek. Beberapa objek sablon selain kaos, yaitu kertas, karung goni, plastik, dan masih banyak lagi. Rakel merupakan salah satu alat sablon manual yang penting dan utama. Tanpa adanya rakel, maka anda tidak akan bisa membuat sablon dengan teknik manual.

  1. Meja afdruk

Meja ini merupakan meja yang digunakan untuk mengafdruk film sablon, terdapat perbedaan antara meja afdruk dengan meja pada umumnya. Di bawah meja afdruk terdapat lampu neon maupun bohlam untuk menyinari film sablon, proses penyinaran ini disebut juga proses afdruk. Meja afdruk harus disesuaikan dengan ukuran screen sablon yang akan digunakan.

  1. Beberapa alat dan bahan lain

Kaporit berfungsi untuk membersihkan screen setelah digunakan, meskipun tidak sebersih sebelumnya. Minyak goreng digunakan untuk membuat desain di kertas film menjadi transparan. Hairdryer biasanya digunakan untuk mengeringkan screen setelah diberi obat afdruk. Peralatan sablon manual lain yaitu pengencer saat menyablon (gliserin), meja sablon, papan, dan lem kayu.

Demikian artikel tentang peralatan sablon manual, semoga bermanfaat untuk Anda. Sekian dan terimakasih banyak ya 😀