10+ Macam Tanaman Tabulampot Dan Cara Menanamnya

tanaman tabulampot

Tanaman tabulampot merupakan tanaman buah yang ditanam dalam pot dan bisa juga dijadikan menjadi tanaman hias. Tanaman ini dikembangkan karena semakin sempitnya lahan untuk bercocok tanam. Selain itu tanaman ini juga lebih mudah untuk dirawat.

10 Tanaman Tabulampot dan Cara Menanamnya

  1. Buah Semangka

Buah semangka merupakan jenis tanaman merambat yang membutuhkan banyak air untuk membantu pertumbuhan buahnya. Hanya dengan tempat yang kecil, tanaman ini dapat tumbuh dan menghasilkan buah yang besar, anda hanya perlu memberikan tongkat kayu sebagai landasan untuk merambat.

  1. Buah Melon

Buah melon merupakan buah yang masih memiliki hubungan dengan buah semangka. Buah yang hidup merambat ini sangat mudah untuk tumbuh dimana saja. untuk mendapatkan buah yang bagus anda dapat menanam biji buah melon pada tanah yang telah dicampur dengan arang sekam serta pupuk kandang.

  1. Buah Bluberi

Bluberi merupakan salah satu tabulampot yang dapat menghasilkan buah dalam jumlah banyak pada sekali panen. Selain itu, tanaman ini juga bisa dijadikan tanaman hias karena bentuknya yang estetik. Hanya dengan pot berdiameter 50 cm tanaman ini dapat berkembang biak dengan baik. Media tanam yang cocok untuk buah ini adalah cocopeat dan kompos

  1. Buah Arbei

Buah arbei memiliki bentuk seperti strawberi jika dilihat dari jauh. Buah ini merupakan tanaman menjalar yang dapat di budidayakan dengan setek batang atau menanam biji. Untuk hasil yang lebih baik, sebaiknya anda menggunakan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kompos.

  1. Buah Ara

Buah ara memiliki banyak variasi, apabila anda ingin memiliki buah ini dalam pot, pilih varian jelly bean. Buah yang sering disebut buah tin ini dapat dikembangkan dalam pot dengan cara setek batang.

  1. Buah Nanas

Nanas merupakan buah yang tidak banyak memakan tempat, tanaman ini hanya akan tumbuh pada satu poros di tengah, dimana di tengah poros tanaman itu akan ditumbuhi buah nanas. Tanaman ini tidak memiliki tinggi yang berarti namun memiliki bentuk yang unik sehingga cocok untuk dijadikan hiasan di pekarangan.

  1. Buah Persik

Bagi anda pencinta buah persik dan ingin memilikinya di rumah, anda dapat menanam buah tersebut dengan menanam bijinya. Tumbuhan ini akan berkembang selama kurang lebih 2 tahun untuk bisa dipanen buahnya. Tumbuhan ini memiliki sedikit kriteria suhu untuk tumbuh yaitu sekitar 180C – 210C.

  1. Buah Anggur

Buah anggur memiliki banyak variasi, berbagai varian tersebut dapat ditanam dalam pot dan dijadikan tanaman hias. Tanaman anggur memiliki kriteria suhu dan kelembaban udara tertentu sehingga dapat tumbuh dengan baik. Kelembaban udara yang cocok untuk buah ini tumbuh sekitar 75%-80% dimana udara di sekitarnya harus dingin. Untuk hasil buah yang lebih maksimal, anda dapat meletakkan tanaman ini di tempat yang memiliki penyinaran matahari yang cukup.

  1. Buah Jambu Biji

Jambu biji merupakan tanaman berkayu yang dapat tumbuh tinggi. Tinggi maksimalnya mencapai 10 meter, namun anda juga dapat menanamnya dalam pot. Tanaman ini akan berbuah dengan cepat dengan bantuan pupuk sehingga meskipun tanaman masih kecil, anda tetap dapat memetik hasil buahnya.

  1. Buah Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat, tanaman ini tidak akan tumbuh tinggi seperti tanaman berkayu lainnya sehingga cocok untuk ditanam di dalam pot.