Cara Menanam Kentang

Gambar Tanaman Kentang

Kentang merupakan salah satu jenis sayuran yang selalu ada dalam setiap hidangan masakan sehari-hari , ada baiknya kita juga mengetahui cara untuk menanam kentang ini dengan mudah , pasalnya di tahun 2018 ini ada banyak sekali cara untuk bertanam sayuran yang satu ini, salah satunya yakni dengan menggunakan polybag. Untuk itu simak terus artikel dibawah ini agar kita tahu apa saja yang harus disiapkan untuk menanam kentang dalam polybag.

Syarat Pertumbuhan Tanaman Kentang

Sebaiknya untuk menanam kentang dalam polybag Anda perlu memperhatikan syarat – syarat pertumbuhan tanaman ini. Hal ini bertujuan supaya tanaman kentang tersebut dapat bertumbuh secara maksimal. Kentang merupakan jenis tanaman yang lebih cocok untuk ditanam di dataran tinggi. Tahap penanaman dapat dilakukan saat musim penghujan karena tanaman ini memerlukan air yang banyak sekaligus intensitas cahaya yang cukup.

Menyiapkan Lahan Untuk Menanam Kentang

Usahakan tanah yang menjadi media tanam kentang merupakan tanah yang gembur. Selain itu, polybag sebaiknya dekat dengan sumber air agar lebih mudah untuk menyiram tanaman. Cara ini akan semakin efektif jika Anda menanam kentang saat musim kemarau agar tanaman kentang mendapatkan air yang cukup. Cara menanam kentang memang sangat mudah, tidak membutuhkan lahan yang luas.

Cara Menanam Kentang di Rumah Dengan Polybag

Siapkan polybag berukuran 50 x 80 cm. Setelah itu buat 3 – 4 lubang di bagian bawah polybag sebagai drainase. Meskipun kentang memerlukan kadar air yang tinggi dalam proses pertumbuhannya, media tanam kentang yang terlalu basah dapat menyebabkan umbu kentang cepat busuk. Media tanam yang digunakan untuk kentang dapat menggunakan tanah humus atau tanah yang sudah dicampur pupuk kompos.

Masukkan tanah ke dalam polybag sebanyak 2/3 dari tinggi polygbag. Selanjutnya bagian polybag yang tersisa dapat dilipat sedikit keluar supaya lebih rapi. Untuk melakukan pembibitan kentang, siapkan bibit yang akan ditanam. Setelah itu, tanamlah kentang yang memiliki banyak mata kemudian letakkan di media tanam.

Jika tunas-tunas sudah mulai bermunculan dan berukuran 2 cm, pilihlah tunas yang paling subur dan potonglah tunas lainnya. Satu polybag bisa ditanami sebanyak 3 – 4 bibit. Bibit tersebut dapat ditanam sedalam 7 cm dari permukaan tanah. Siram media tersebut setiap hari untuk menjaga kelembabannya. Saat menyiram bibit tersebut, usahakan untuk memeriksa drainase secara berkala agar tidak terlalu basah. Setelah menanam selama 10 hari, pertumbuhan tanaman kentang biasanya sudah merata.

Cara Merawat Tanaman Kentang

Saat tanaman kentang sudah berusia 1 bulan, Anda dapat menambahkan media tanam sesuai dengan tinggi tanaman. Hal ini dilakukan agar umbi tidak terkena cahaya matahari langsung. Bila umbi terkena cahaya matahari langsung, hal ini bisa menyebabkan kentang beracun dan berwarna hijau. TSP dan pupuk urea sebanyak 16 gram dengan perbandingan 1:1 atau 1 sendok makan untuk setiap tanaman. Pupuk dapat diberikan di sebelah kanan dan kiri tanaman kentang. Setelah itu siram tanaman. Hal ini perlu dilakukan supaya pupuk mudah larut dan dapat langsung diserap tanaman.

Pemanenan Tanaman Kentang

Tanaman kentang sudah dapat dipanen ketika berusia 3-4 bulan. Sebaiknya pemanenan kentang dilakukan 7 hari setelah tanaman kentang mati. Ciri-ciri tanaman kentang yang sudah mati adalah ujung batang dan ujung daunnya kering serta kulit umbi semakin kuat. Jika ujung daun dan batang belum terlalu kering atau belum mati, kualitas umbinya akan rendah serta kulit kentang mudah lecet.

Pemanenan kentang dari polybag dapat dilakukan dengan merobek plastik polybag yaitu mulai dari bagian atas hingga bawah dengan pisau tajam. Sobek secara hati-hati dan perlahan supaya kentang tidak terpotong.

Bagaimana, budidaya tanaman kentang sangat mudah sekali bukan?