Manfaat Daun Pepaya

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan cukup banyak. Salah satunya dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Daun papaya atau daun kates juga bisa digunakan sebagai obat kecantikan. Beberapa di antaranya ialah sebagai obat untuk menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit wajah, dan dapat dijadikan sebagai penghitam rambut.

Daun pepaya yang rasanya pahit, dapat diolah agar rasa pahitnya tidak terlalu terasa atau bahkan hilang. Caranya bisa dengan meremas-remas daun papaya dengan garam hingga layu dan mengeluarkan air, merebusnya dengan daun jambu biji, dengan perbandingan 3:10 daun jambu biji yang lebih banyak, dan bisa juga dengan menambahkan tanah liat sebanyak satu genggam saaat direbus, kemudian dicuci.

  • Kandungan Gizi yang Terdapat Dalam Daun Pepaya
  1. Carposide: dapat digunakan sebagai obat cacing.
  2. Zat papain: dapat meningkatkan nafsu makan.
  3. Vitamin A, B, C, D, E: dapat mencegah kanker, serta sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas.
  4. Serat: untuk memperlancar pencernaan.
  5. Tocophenol, fenolik, lisozom, khimoprotein: senyawa baik yang dapat menjaga kesehatan tubuh.
  6. Karpain: sebagai antitumor, serta antikanker.
  7. Sitokinin: untuk melawan berbagai sel-sel kanker.

Berikut Manfaat Daun Pepaya  yang Kami kutip dari Ensiklonesia.com

  1. Meredakan gejala demam berdarah

Manfaat daun pepaya untuk demam berdarah ialah, menormalkan kembali trombosit, mencegah kerusakan liver, dan membantu dalam masa pemulihan setelah sembuh dari penyakit tersebut.

  1. Anti malaria

Dengan mengkonsumsi jus pepaya yang pahit, dipercaya dapat menghilangkan penyakit malaria di dalam tubuh.

  1. Menangkal inveksi dan penyebaran virus

Manfaat daun pepaya dalam penyebaran virus dan inveksi yaitu, kandungan A, C, dan E nya dapat membangun sistem kekebalan tubuh seseorang menjadi lebih baik lagi.

  1. Menyembuhkan penyakit emphysema

Dengan adanya kandungan vitamin D dalam daun pepaya, ternyata bisa digunakan sebagai obat penyakit yang mematikan seperti emphysema. Konsumsi daun papaya secara rutin, maka vitamin D dalam daun peapaya akan bekerja secara efektif untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

  1. Agen detoksifikasi

Jus daun pepaya, bisa dijadikan sebagai agen detoksifikasi dikarenakan adanya kandungan karpain di dalamnya yang dapat mencegah pertumbuhan mikroorganisme, dan juga zat toksin di dalam tubuh.

  1. Mengatasi penyakit diabetes

Manfaat daun pepaya untuk diabetes yaitu, dapat membantu menurunkan serta meregulasi kadar gula dalam darah, mengurangi terjadinya stress oksidatif, merangsang kerja insulin, meminimalkan terjadinya komplikasi, hingga mencegah terjadinya penyakit ginjal akibat diabetes.

  1. Meningkatkan trombosit

Kadar trombosit menurun bisa disebabkan karena kekurangan vitamin A, sakit, atau setelah menjalani kemoterapi. Dengan mengkonsumsi daun pepaya secara rutin, dipercaya dapat menaikkan trombosit secara efektif.

  1. Menghalangi pertumbuhan bakteri

Karpain, tannin, dapat menghalangi terjadinya pertumbuhan bakteri. Terutama di saluran pencernaan.

  1. Membantu sistem pencernaan

Papain, chymopapain, protease, serta amylase pada daun papaya, bekerja sebagai pencerna nutrisi seperti karbohidrat, dan mineral untuk tubuh.

  1. Mencegah penyakit jantung koroner

Kadar kolesterol yang tinggi, dapat menjadi pemicu terjadinya penyakit jantung. Vitamin C yang terdapat dalam daun pepaya, mampu memperlancar aliran darah dalam tubuh. Sehingga resiko penyakit jantung dapat dihindari.

  1. Sebagai obat anti kanker

Menurut sebuah riset dari ‘Journal of Ethnopharmacology’, daun pepaya ternyata mampu dijadikan sebagai obat herbal untuk melindungi tubuh manusia dari penyakit kanker paru-paru, payudara, dan juga serviks.

  1. Mengatasi tekanan darah tinggi

Manfaat daun pepaya untuk hipertensi ialah, mampu mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Caranya dengan mengkonsumsi air rebusan daun pepaya secara rutin. Anda juga bisa menambahkan pemanis seperti madu, ataupun gula merah, untuk mengurangi rasa pahit.

  1. Memperkuat tulang dan gigi

Kandungan alami yang terdapat dalam daun pepaya berfungsi untuk membuat gigi lebih sehat, dan tulangpun menjadi lebih kuat.

  1. Menyembuhkan sakit perut pada balita

Caranya dengan menumbuk daun pepaya dan dadap serep sebanyak 2-3 lembar, tambahkan kapur sirih, setelah halus, segera oleskan ramuan ke perut anak anda.

  1. Menambah sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin dan kalsium dalam daun pepaya dapat meningkatkan kekebalan pada tubuh seseorang. Tubuh akan dapat menangkal berbagai penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Mengatasi katarak

Rebusan daun pepaya bisa dijadikan sebagai obat untuk menjaga kesehatan mata. Terutama untuk mencegah katarak yang umumnya terjadi pada lansia.

  1. Menyembuhkan eksim/penyakit kulit

Basuh eksim/penyakit kulit dengan air rebusan daun pepaya secara rutin, maka akan didapat hasil yang efektif eksim akan berangsur-angsur sembuh.

  1. Memecah protein

Kandungan dalam rebusan daun pepaya dapat meningkatkan kerja pencernaan agar lebih lancar dengan cara, memecah protein secara alami.

  1. Meningkatkan energi

Rebusan daun pepaya dapat membersihkan toksin/racun racun dalam tubuh. Sehingga energi akan meningkat lebih cepat, dan tidak cepat lelah.

  1. Mencegah masuk angin

Anda bisa mengkonsumsi rebusan air pepaya yang juga dicampur dengan jinten, sereh, sembung, dan gula jawa. Cara ini dipercaya efektif untuk mengatasi masuk angin.

  1. Melindungi usus

Daun pepaya ternyata dapat juga digunakan untuk melindungi, serta menghilangkan cacing yang ada di lapisan dinding usus. Ini dikarenakan adanya zat tannin yang sangat efektif untuk mengusir cacing.

  1. Mengobati tifus

Daun pepaya bisa menjadi pilihan obat herbal yang efektif untuk mengobati sakit tifus. Kandungan tannin, karpain, dan antibakterinya dapat meredakan penyakit tersebut yang disebabkan oleh bakteri tifosa.

  1. Memperlancar buang air kecil

Daun pepaya mengandung karpein yang dapat membantu memudahkan pembuangan air seni sehingga racun yang ada dalam tubuh dapat dikeluarkan dengan lancar.

  1. Mengatasi asam lambung

Manfaat daun pepaya untuk asam lambung yaitu, mencegah terjadinya tukak lambung, meningkatkan aktivitas glutathione peroxidase yang dapat menangkal radikal bebas, pengurangan pembentukan ulkus (luka terbuka pada lapisan lambung), menghambat pertumbuhan bakteri jahat di lambung, menyembuhkan gastritis, dan nyeri pada ulu hati.

  1. Mengobati ambeien

Manfaat daun pepaya untuk ambeien yaitu, dapat melancarkan pencernaan, dapat memecah protein dengan baik, sebagai antibakteri, dan dapat memecah dinding sel dalam bakteri.

Walaupun rasanya pahit, tetapi manfaat yang dihasilkan oleh daun pepaya sangatlah banyak. Seperti yang telah diuraikan di atas, manfaat daun pepaya untuk kesehatan lainnya yaitu dapat mengurangi nyeri saat menstruasi, dan bisa untuk menyembuhkan demam. Kemudian untuk kecantikan juga dapat digunakan sebagai anti aging, dan menghilangkan ketombe.