Herbal Untuk Diabetes

Gambar Lidah Buaya Untuk Diabetes

Diabetes memiliki sebutan lain di masyarakat umum Indonesia, yaitu kencing manis, gula darah dan penyakit gula. Penyakit ini disebabkan karena kandungan gula yang berlebih di dalam darah yang disebabkan oleh konsumsi gula yang berlebih. Diabetes umumnya dialami oleh orang lansia, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk orang yang masih muda karena diabetes juga dapat ditularkan melalui keturunan.

Herbal untuk diabetes telah banyak beredar di pasaran, baik buatan pabrik yang dibuat dengan rekayasa kimiawi maupun yang dibuat dengan racikan bahan-bahan alami. Tidak sedikit orang lebih memilih obat herbal dari pada obat pabrikan. Selain harganya murah, efek samping yang disebabkan bahan kimia dapat dihindari. Umumnya obat pabrikan merusak fungsi ginjal jika dikonsumsi dengan jangka waktu lama.

Obat herbal telah banyak dijual di toko-toko obat. Obat herbal juga bisa anda racik sendiri karena bahan dasarnya yang mudah terjangkau. Tetapi untuk anda yang tidak ingin repot meraciknya, anda bisa membelinya di toko herbal terdekat ataupun secara online.

4 Tanaman yang Dapat Mengobati Diabetes

  1. Jahe

Jahe sering dikonsumsi sebagai campuran minuman hangat karena dapat menambah sensasi hangat pada minuman tersebut. Tidak hanya sebagai campuran minuman, jahe juga sering dijadikan bumbu masakan.

Selain pendamping makanan dan minuman, jahe memiliki khasiat untuk kesehatan. Salah satu khasiatnya adalah untuk mengobati penyakit diabetes. Jahe terbukti dapat meningkatkan glukosa ke sel darah tanpa keterlibatan insulin, oleh karenanya dapat mengobati diabetes.

Meracik jahe dapat dilakukan dengan mudah karena dapat dicampur dengan minuman dan sebagai bumbu masakan. Konsumsi jahe secara cukup setiap hari dapat mengobati penyakit diabetes secara berangsur-angsur.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami yang sering dimanfaatkan sebagai vitamin rambut dan bahan dasar kosmetik. Selain untuk kedua hal tersebut, lidah buaya berkhasiat untuk kesehatan, seperti misalnya sebagai penyembuh luka, pereda bengkak karena luka, dan pengobat diabetes.

Jus lidah buaya dapat mengatur kadar glukosa dalam darah, oleh karenanya dapat mengobati diabetes. Lidah buaya dapat mengurangi lemak darah pada penderita diabetes yang memiliki tingkat molekul abnormal.

  1. Paria

Sering digunakan sebagai bahan makanan, paria juga sering digunakan sebagai bahan dasar obat herbal, termasuk diabetes. Paria memiliki sedikitnya 3 zat aktif yang berguna untuk mengobati diabetes, salah satunya berguna untuk mengurangi kadar glukosa dalam darah.

Paria juga diketahui mengandung lektin yang dapat mengurangi konsentrasi glukosa darah dengan bekerja pada jaringan perifer. Lektin menekan nafsu makan yang sama dengan efek insulin di otak. Lektin ini diklaim sebagai faktor utama di balik efek hipoglikemik yang berkembang setelah mengkonsumsi paria.

  1. Ekstrak Billberry

Senyawa dalam bilberry yakni anthocyanosides, dapat meningkatkan kekuatan pembuluh darah yang bisa melindungi retina dari kerusakan pada orang yang mengidap penyakit diabetes. Ekstrak bilberry tidak dikenal sebagai pengobatan diabetes tapi penderita penyakit diabetes mengkonsumsinya karena dapat membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah.